Jamaah Masjid Pesantren Al Munawwir Krapyak
Sosok hafidh Al-Qur’an yang diakui oleh almarhum KH Muhammad Munawwir adalah ia yang berakhlak baik dan mendirikan shalat tarawih dengan hapalan Al-Qur’an. Hal inilah yang kemudian menjadi tradisi dalam pelaksanaan Shalat Tarawih di Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta.

Setiap malam bulan Ramadhan, Masjid Al Munawwir selalu dipenuhi jamaah untuk mengikuti shalat Tarawih dengan dua kali khataman pembacaan Al-Qur’an. Diimami oleh KHR. Muhammad Najib Abdul Qodir, 23 tarawih dan witir berlangsung kurang lebih satu jam. Setiap rakaat tarawih dibacakan hapalan 3 halaman Al-Qur’an, sehingga untuk 20 rakaat tarawih terselesaikan bacaan Al-Quran 1,5 juz.

Pada malam ke-20, tepatnya besok Senin malam Selasa (6 Juli 2015) bacaan Al-Quran akan dikhatamkan dalam shalat tarawih. Setelah shalat witir akan digelar majlis Khatmil Qur’an bersama tak kurang dari 2.000-an jamaah, ditutup dengan dzikir, doa, dan makan bersama. Malam selanjutnya hingga malam terakhir Ramadhan, bacaan Al-Quran dalam tarawih ditambah menjadi 3 hingga 4,5 juz setiap malam.

Maka praktis, jamaah shalat tarawih di Krapyak mengkhatamkan dua kali bacaan Al-Quran. Semoga kita semua mendapat berkah dan hidayah melalui pembacaan Al-Quran. [Zia]
Share To:
Magpress

MagPress

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

0 comments so far,add yours